5 Manfaat Berciuman Untuk Kesehatan

JAKARTA, KabarNews | Aktivitas berciuman bukan hanya menjadi simbol dari seksual. Berciuman secara medis ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda dan pasangan.

Tidak hanya itu, berciuman juga dapat meningkatkan hubungan sosial yang merupakan komponen penting dari kesehatan dan kebahagiaan. Lalu bagaimana berciuman dapat meningkatkan kesehatan Anda? berikut penjelasannya:

1. Baik untuk gigi
Berciuman mampu merangsang produksi air liur yang dapat menghilangkan bakteri berbahaya dari gigi. Ciuman juga dapat mengurangi penumpukan plak.

2. Membakar kalori
Ciuman setara dengan aktivitas gym karena mampu membakar sebanyak enam kalori setelah dilakukan selama dua menit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Satu kuman tertentu yang disebut cytomegalo virus bisa menjadi sangat berbahaya bagi wanita hamil. Namun, para peneliti percaya jika berciuman adalah cara untuk menghilangkan kuman tersebut. Ada bakteri yang dipicu untuk tumbuh dan membangun ketahanan tubuh.

4. Mengurangi stress
Perasaan pasca berciuman merupakan relaksasi paling natural. Sebuah penelitian tahun 2009 mengukur tingkat hormone oksitosin dan hormon stres kortisol setelah berciuman. Hasilnya, baik pria maupun wanita akan mengalami penurunan kortisol setelah berciuman. Penurunan hormone lebih besar dibandingkan berpegangan tangan.

5. Mengurangi gejala alergi
Terserang flu yang disebabkan alergi musiman dan bukan virus menular, mungkin ide yang baik untuk menguranginya adalah berciuman. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa pasangan yang berciuman selama 30 menit memiliki kadar-IgE spesifik, protein yang mengurangi gejala seperti bersin. [KN-01]

LEAVE A REPLY