5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

JAKARTA, KabarNews | Buah naga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua.

Buah naga adalah buah yang aslinya berasal dari Meksiko, dan bernama asli Pitaya. Sedangkan nama naga atau dragon fruit sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi layaknya seekor naga.

Buah naga kaya akan nutrisi dan kaya vitamin. Buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Berikut 5 manfaat buah naga untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat diperlukan oleh tubuh. Antioksidan sendiri terbukti sangat efektif untuk mencegah atau mengurangi resiko terjadinya kanker.

2. Mencegah diabetes

Buah naga juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes, dikarenakan buah naga kaya akan Vitamin B3. Vitamin B3 sendiri sangat efektif untuk mencegah atau mengurangi resiko penyakit diabetes. Caranya dengan mengkonsumsi rutin buah naga setiap hari.

3. Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan penyakit yang sering menyerang orang dari usia muda hingga tua, dan datangnya pun tidak dapat diprediksi. Mengkonsumsi buah naga menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit jantung, karena kandungan yang terdapat pada buah naga dapat menekan resiko penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, karena menurut penelitian buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. Kalsium dan fosfor memang sudah terbukti dapat menguatkan dan menjadikan tulang lebih sehat dan mencegah osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan mata

Buah naga juga kaya akan kandungan betakaroten yang tinggi. Betakaroten sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Buah naga merupakan salah satu sumber betakaroten yang baik selain wortel. [KN-01]

LEAVE A REPLY