7 Tips Berbelanja di Pasar Tradisional

JAKARTA, KabarNews | Walaupun pasar modern banyak menjadi pilihan masyarakat perkotaan karena dianggap lebih bersih, rapi, dan teratur.

Namun faktanya, pasar tradisional tetap mempunyai segmen pasarnya sendiri, sehingga tak heran bila pasar tradisional tetap ramai dikunjungi oleh pembeli.

Berikut tips agar berbelanja di pasar tradisional dapat menjadi pilihan yang menyenangkan, dan membawa banyak keuntungan:

1. Rajin menawar

Tawar-menawar seperti merupakan seni dan keasikan tersendiri yang tak dapat dijumpai di pasar modern. Dengan menawar maka Kamu bisa mendapat harga yang lebih murah lagi. Kamu dapat membandingkan dengan penjual lain untuk dapat menentukan harga yang tepat saat menawar.

2. Bertukar informasi dengan penjual

Hal ini juga menjadi kelebihan yang jarang dijumpai di pasar modern. Dengan membangun komunikasi pada penjual, maka kegiatan belanja tidak hanya sekadar belanja, tapi juga dapat memperoleh informasi.

3. Berpakaian santai ketika berbelanja

Untuk dapat berbelanja dengan nyaman, Kamu dapat mengenakan pakaian yang santai ketika berbelanja di pasar tradisional. Hal ini tentu menjadi kelebihan yang menyenangkan karena Kamu tidak harus repot-repot berdKamun rapi untuk sekadar berbelanja.

4. Mempunyai banyak pilihan

Kamu dapat memanfaatkan berbelanja di pasar tradisional dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan. Dengan demikian, Kamu tidak perlu repot ke beberapa tempat untuk membeli seluruh keperluan karena di pasar tradisional banyak tersedia berbagai produk, mulai dari ikan segar dengan berbagai ukuran, bumbu dapur, hingga peralatan masak dan rumah tangga lainnya.

5. Jam buka yang lebih pagi

Kamu yang berencana untuk berbelanja di pasar tradisional dapat memilih jam yang lebih fleksibel karena umumnya pasar tradisional buka sejak pagi atau subuh bahkan sebelum Kamu bangun. Bahkan berbelanja di pagi hari juga memberikan keuntungan karena sayur dan ikan yang dijual lebih segar sehingga Kamu bisa mendapatkan produk yang lebih baik

6. Memilih pasar tradisional yang rapi dan bersih

Meskipun kesan kumuh pada pasar tradisional memang masih ada, namun saat ini sudah banyak pasar tradisional yang dikelola dengan baik, sehingga menjadi bersih dan rapi. Kamu dapat memilih pasar tradisional seperti ini sehingga tetap nyaman dalam berbelanja seperti layaknya pasar modern dan dapat merasakan suasana khas pasar tradisional.

7. Mendukung usaha kecil

Hal ini akan membuat Kamu semakin bersemangat untuk berbelanja di pasar tradisional karena kegiatan ekonomi di pasar tradisional akan berdampak langsung pada usaha kecil. Dengan berbelanja di pasar tradisional, maka secara tidak langsung Kamu juga mendukung ekonomi dari petani dan juga nelayan lokal. [KN-01]

LEAVE A REPLY