Kemenhub Targetkan Jalur KA Trans Sulawesi Selesai Tahun Depan

JAKARTA, KabarNews | Kementerian Perhubungan menargetkan percepatan pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi mulai tahun ini. Untuk itu, diharapkan pembangunan tahap I dapat selesai tahun depan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pada tahun 2018 jalur KA Trans Sulawesi sepanjang 30 KM selesai. Ini diharapkan dapat menarik minat investor untuk mendukung pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi.

“Paling lambat tahun depan, Kereta api Trans Sulawesi akan kita selesaikan supaya bisa langsung digunakan, setelah itu kita akan menarik investor untuk mengembangkan lebih lanjut,” kata Budi, Sabtu (18/2/2017).

Menurut Budi, Pemerintah tahun ini telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp500 milyar untuk pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi. Menhub menyatakan proyek pembangunan ini akan selesai di 2018.

“Anggaran tahun ini kurang lebih Rp500 milyar. Kita akan selesaikan di 2018 kira-kira jadi Rp1 trilyun,” tukasnya.

Untuk mendukung hal itu, beberapa proyek infrastruktur lainnya juga akan dibangun oleh Kemenhub, salah satunya Bandara Pongtiku di Toraja, Sulawesi Selatan. Pembangunan ini dimaksudkan untuk mendukung peningkatan pariwisata di wilayah tersebut.

“Runway Bandara Pongtiku akan diperpanjang sampai paling tidak 1900-2000 meter cuma memang bertahap, tahun ini kita akan lakukan perpanjangan runway supaya pesawat jenis ATR-72 bisa mendarat di sana,” ucap Budi.

Dengan rencana ini, nantinya akan ada penerbangan dari Bali – Wakatobi – Pong Tiku. Dengan begitu, Budi Karya berharap ini dapat meningkatkan pariwisata di Toraja.

Selain Bandara, Menhub juga berencana akan membangun “marina” sebagai tempat sandar kapal sejenis yacht dan kapal cruise di Labuan Bajo dan Bali.

Selain Bandara Pongtiku, Kemenhub juga akan mengembangkan Bandara Buntu Kunik. Namun, untuk merealisasikan hal itu sebelumnya akan dilakukan studi mendalam oleh tiga universitas.‎ [KN-01]

LEAVE A REPLY