KPU Papua Belum Tetapkan Tahapan Pilkada Serentak 2018

JAYAPURA, KabarNews | Walau pun Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memulai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 pada 14 Juni 2017 lalu, namun hingga kini, KPU Provinsi Papua belum menetapkan tahapan Pilkada Gubernur dan Pilkada untuk 7 Kabupaten lainnya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

KPU RI bahkan telah menetapkan pencoblosan Pilkada serentak 2018 akan dilakukan 27 Juni 2018. Itu artinya, tahapan Pilkada akan dimulai 10 bulan sebelum pencoblosan, yakni Agustus 2017.

Ada sekitar 171 daerah yang berpartisipasi dalam Pilkada serentak 2018 di seluruh Indonesia, salah satunya Provinsi Papua. Jumlah daerah tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Anggota KPU Papua, Tarwinto menyebutkan, sampai saat ini PKPU untuk tahapan, program dan jadwal pemilihan serentak, jadwalnya belum keluar.

Dirinya mempersilahkan sejumlah partai politik yang telah membuka pendaftaran calon kepala daerah, sebab hal tersebut merupakan kewenangan internal partai politik.

“Dalam penjaringan calon kepala daerah di partai politik, tak ada kewenangan KPU. Silahkan saja, internal partai yang melakukan itu,” katanya, Rabu 27 Juni 2017.

Sampai saat ini, ramai-ramai partai politik di Papua masih membuka pendaftaran bagi para calon kepala daerah.

Pilkada serentak di Papua akan diikuti oleh 7 Kabupaten, untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Ke-7 Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Mimika, Mamberamo Tengah, Puncak, Biak Numfor, Deiyai, Jayawijaya dan Paniai. Sementara dalam Pilkada serentak 2018 juga dilakukan Pilkada Gubernur Papua. [KN-01]

LEAVE A REPLY