Layanan XL 4G LTE Siap Layani Pemudik di Sumatera Selatan

PALEMBANG, KabarNews | Palembang sebagai Kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, diperkirakan akan menjadi salah satu titik mudik terbesar di Sumatera. Arus mudik lebaran di Palembang tahun ini, diprediksi meningkat dua kali lipat untuk semua moda transportasi.

Menjelang datangnya hari raya idul fitri 1438 H, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) turut serta memastikan kesiapan jaringan sebagai antisipasi potensi kenaikan trafik saat arus mudik, lebaran dan arus balik lebaran. Tahun ini XL Axiata mencanangkan program Mudik Digital kepada para pelanggannya.

Dulu, para pemudik yang ingin berpergian menggunakan moda pesawat terbang diharuskan memesan ke biro perjalanan. Tapi sekarang, semua bisa dipesan via internet bisa melalui aplikasi yang bahkan bisa mengatur untuk pemesanan hotel sekaligus. Semakin gampang dan cepat.

XL Axiata berkomitmen penuh untuk melayani pelanggannya selama mudik tahun ini dengan memastikan ketersediaan produk seperti isi ulang dan kartu perdana selama arus mudik tetap terjaga. Harapannya, pelanggan XL bisa mendapatkan layanan terbaik jelang hari raya idul fitri, arus mudik, dan arus balik.

“Untuk mudik tahun ini para pelanggan di Palembang tidak perlu khawatir tentang layanan dari XL Axiata. Kami akan secara massif memperluas layanan broadband ke berbagai wilayah di Sumatera Selatan dengan jaringan XL4G LTE, penambahan layanan 3G dengan teknologi U900, atau bahkan menambah site baru untuk area yang belum terjangkau layanan XL Axiata. Sebanyak hampir 800 BTS sudah ready menyambut mudik tahun ini,” General Manager Sales Operation XL Axiata area Sumatera Bagian Selatan, Rudi Rahman Hidayat, Senin (20/6/2017).

Dia menambahkan, XL Axiata terus melanjutkan perluasan layanan 4G LTE ke berbagai wilayah Nusantara. Sebanyak 5 Kota/Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan kini terlayani oleh jaringan 4G LTE dari XL Axiata, yaitu Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kab. Banyuasin, Kab. Lahat, Kab. Muara Enim, Kab. Ogan Ilir, dimana sejak awal Juni 2017 pelanggan di Kota-kota tersebut sudah bisa mengakses layanan 4G LTE.

Menurut Rudi, pertumbuhan trafik layanan data seiring dengan semakin tumbuhnya pelanggan yang menggunakan smartphone berkemampuan 4G. Di Sumatera Selatan, trafik harian sudah meningkat 20%.

“Kita prediksi akan meningkat 40% lagi saat lebaran semakin dekat. Hal ini pun searah dengan strategi perusahaan untuk berfokus pada layanan data untuk tahun 2017 ini. Karena itulah, capex untuk tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah,” paparnya.

Secara bertahap, XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan dengan menambah area cakupan layanan di setiap kota dengan antara lain menambah jumlah BTS 4G. Saat ini, total BTS 4G yang tersedia di seluruh Sumatera Selatan adalah 190-an BTS 4G.

Cakupan layanan 4G LTE diprioritaskan di area-area yang memang paling membutuhkan akses internet cepat dan data digital, seperti antara lain pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik, dan pendidikan.

Total jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sumatera Selatan hampir tiga juta pelanggan. Sebanyak 65% di antaranya secara aktif menggunakan layanan data. Kenaikan trafik layanan data terutama dipicu oleh akses ke konten-konten video dan ke berbagai media sosial.

Dengan jaringan 4G LTE, maka akses pada konten-konten berkapasitas besar akan lebih baik, cepat, dan stabil. Keunggulan ini akan sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk mendukung kinerja bisnis perorangan maupun usaha kecil menengah.

Dengan tersedianya layanan 4G LTE ini, XL Axiata berharap pelanggan dan masyarakat di Sumatera Selatan mampu memanfaatkannya secara maksimal untuk untuk mudik tahun ini.

Saat ini, XL Axiata telah melayani pelanggan di 330 Kota/Kabupaten di berbagai wilayah Indonesia dengan layanan 4G LTE. Hingga saat ini total jumlah pelanggan XL Axiata di Pulau Sumatera baik XL maupun AXIS lebih dari 14 juta. Sampai akhir tahun 2017 nanti XL Axiata menargetkan pembangunan sedikitnya 17 ribu BTS 4G untuk menopang layanan di 330 Kota/Kabupaten di berbagai pelosok Indonesia. [KN-01]

LEAVE A REPLY