Presiden Jokowi Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Sumut

JAKARTA, KabarNews | Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Sumatera Utara, yang khusus dihadiri Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (16/02/2017).

Presiden Jokowi mengemukakan, secara geografis Sumatera Utara memiliki posisi yang strategis karena berada di jalur pelayaran nasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapore, Malaysia, dan Thailand.

Dengan posisi strategis itu, Sumatera Utara bisa dikembangkan menjadi hub internasional, yang selanjutnya akan ikut menggerakkan perekonomian di wilayah-wilayah lain di Pulau Sumatera.

“Kuncinya, ada pada percepatan pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur pelabuhan, bandara, mau pun jalan tol,” sebut Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada rapat terbatas tersebut.

Presiden meyakini, kesiapan infrastruktur akan berdampak pada kecepatan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei maupun beberapa kawasan industri lainnya, yang sedang disiapkan sebagai mesin pertumbuhan ekonomi di Sumatera.

Demikian pula dengan pembangunan infrastruktur transportasi, menurut Presiden Jokowi, bukan hanya akan mempermudah konektivitas antar wilayah di Provinsi Sumatera Utara, tetapi juga akan bisa mendorong laju perekonomian daerah agar lebih cepat lagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menitipkan pesan kepada Gubsu agar pengembangan sektor pariwisata di kawasan Danau Toba betul-betul diperhatikan dampaknya bagi ekonomi rakyat, terutama sektor UMKM.

“Hanya dengan cara itu pengembangan sektor pariwisata akan bisa memberikan kontribusi nyata pada upaya pengurangan kemiskinan, pengangguran, memperkecil ketimpangan, dan meningkatkan kesejahteraan,” tegas Presiden.

Sementara itu, Gubsu yang diundang khusus oleh Presiden tersebut menyebutkan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta stake holder terkait guna mendorong percepatan pembangunan proyek strategis seperti jalan tol, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, Pelabuhan Kuala Tanjung, Bendungan Lau Si Meme, pariwisata Danau Toba dan lainnya.

“Masyarakat Sumatera Utara mengucapkan terima kasih atas perhatian khusus Presiden Jokowi bagi percepatan pembangunan infrastruktur di daerah ini,’’ pungkas Erry. [KN-01]

LEAVE A REPLY